oleh

Andi Utta Akhiri Safari Ramadan di Bontoharu

MATARAKYATMU.- Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf bersama rombongan Tim 1 kembali melakukan Safari Ramadan. Lokasi Safari Ramadan yang kelima atau terakhir ini dilaksanakan di Desa Bontoharu Kecamatan Rilau Ale, Selasa, 12 April 2022.

Pada Safari Ramadan terakhir ini, Andi Utta sapaan akrab Bupati kembali menyampaikan sejumlah program unggulan yang dilaksanakan tahun 2022, baik infrastruktur jalan, irigasi maupun program bibit unggul, termasuk pelaksaanaan berburu babi yang rutin dilaksanakan setiap akhir pekan.

Dikatakan, Kecamatan Rilau Ale dan Bulukumpa adalah daerah basis pertanian dengan potensi lahan yang subur. Dua wilayah ini tidak memiliki tambang minyak atau pun gas, sehingga hanya sektor pertanian yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita hanya bisa mengandalkan lahan yang subur, sehingga potensi ini betul-betul harus dimaksimalkan dengan program bibit unggul,” ungkapnya.

Untuk perbaikan irigasi, lanjutnya, Andi Utta menyebut pekerjaan irigasi tahun ini sudah menggunakan sistem cetak panel yang berbentuk “U” sehingga tinggal dipasang.

Selain menghemat tenaga karena tidak mobilisasi material, konstruksi cetak panel ini lanjutnya, lebih tahan lama karena sudah terstandardisasi.

“Kualitasnya bisa bertahan sampai 25 tahun lebih,” terangnya

Dengan sistem irigasi yang baik, lanjutnya maka akan menjadi salah satu penentu keberhasilan pertanian khususnya peningkatan produktivitas tanaman padi.

Andi Utta kemudian membandingkan nasib petani di Indonesia dengan petani di luar negeri, misalnya Jepang dan Korea.

“Di sana, bukan pejabat yang kaya, tapi yang kaya raya dari kalangan petani dan pengusaha,” ungkapnya memberikan motivasi agar tidak minder menjadi petani.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Andi Utta kembali menyerahkan Paket Ramadan Ceria dari program Baznas Peduli yang diperuntukkan kepada marbot, guru mengaji tradisional, dan keluarga prasejahtera. Selain itu, ia juga menyerahkan bantuan Masjid sebesar sepuluh juta rupiah.

Adapun yang menjadi penceramah Safari Ramadan adalah ustaz H.M. Yusuf Shandy yang saat ini menjabat Wakil Ketua Baznas Bulukumba periode 2022-2027.

Dalam ceramahnya, Yusuf Shandi menukil sebuah hadist nabi yang menganjurkan membersihkan harta dengan zakat. Begitu pula jika menyembuhkan orang sakit bisa dengan jalan berzakat atau bersedekah

Sebagai pimpinan Baznas Yusuf Shandy menyebut bahwa bulan Ramadan ini, pihaknya sementara mendistribusikan 3 ribu paket di seluruh wilayah Bulukumba kepada keluarga prasejahtera.

“Totalnya Baznas menganggarkan 700 juta lebih untuk paket ramadan ini yang berupa bahan pokok,” urainya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng, sejumlah kepala OPD dan Camat Rilau Ale Andi Mulyadi Pangki. (*)

Editor Suaedy

Komentar

News Feed