oleh

Sat Binmas Polres Bulukumba Gelar Lomba Da’i

MATARAKYATMU.- Sat Binmas Polres Bulukumba menyelenggarakan Lomba Ceramah Da’i Ramadhan 1443 H (12/04/22 )

Dengan mengambil Tema ” Peran Da’i dalam mencegah paham radikalisme serta intoleransi keagamaan dan kebangsaan melalui dakwah yang sejuk”.

Kegiatan tersebut di laksanakan di masjid Pondok Pesantren Abu Bakar Ash-Shiddiq Desa Taccorong Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, yang diikuti beberapa santri Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Dalam kegiatan tersebut Sat Binmas melibatkan 3 orang pembina Pondok Pesantren Abu Bakar Ash-Shiddiq selaku dewan juri memberi penilaian terhadap retorika dan materi yang disampaikan setiap peserta lomba.

Dengan giat yang hanya dilaksanakan sehari saja para juri dengan teliti menilai peserta lomba untuk mendapatkan 3 peserta terbaik yang akan lanjut mengikuti lomba tingkat Polda Sulsel.

Pimpinan pondok pesantren Abu Bakar Ash Shiddiq, Ustadz Andi Muh.Syawal, SH.I, dalam sambutannya berucap syukur atas terlaksananya kegiatan lomba Da’i Ramadhan ini, kegiatan ini sebagai wujud sinergitas dan kerjasama yang baik antara Polres Bulukumba dan Pondok Pesantren dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.

“ Ini memiliki pesan yang dalam bagi kita semua, bagi para santri yang punya peran besar dalam dakwah sehingga harapan yang kami tangkap melalui tema kegiatan ini yakni bagaimana kita memiliki tanggung jawab bersama menjaga keamanan di Negeri kita ini, skala kecilnya di wilayah Bulukumba” Ucap Pimpinan Pondok.

“Adanya sikap sebahagian yang sangat disayangkan dari sebahagian kaum muslimin atau perlu kita sebut orang – orang yang memiliki kepentingan atau menunggangi, memiliki sikap intoleransi yang tidak memperdulikan orang lain”. Tambah Pimpinan Pondok.

“Alhamdulillah sebagai bukti nyata kami sampaikan kepada Pak Kasat Binmas, kami telah mewujudkan hal tersebut dalam pembinaan – pembinaan yang kami lakukan tentunya kami mengajarkan kepada seluruh yang ada di pesantren ini bagaimana kita menyampaikan kebenaran tanpa kemudian harus mengurangi substansi perbedaan di Negara Kesatuan RI”. Tegas Pimpinan Pondok.

“Jika umat islam dapat menjadi contoh maka dengan sendirinya akan mengangkat derajat agama islam”. Pungkas Pimpinan Pondok.

Sementara Kasat Binmas Polres Bulukumba AKP A.Subhan, S.IP dalam penyampainya bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan wujud implementasi tugas Binmas dalam membangun kemitraan dengan pondok – pondok Pesantren yang ada di wilayah Polres Bulukumba.

“Alhamdulillah kemarin kami dari Sat Binmas bekerjasama dengan Pondok Pesantren Abu Bakar Ash Sidik telah menggelar lomba Ceramah Da’i Ramadhan dengan tema Peran Da’i dalam mencegah paham radikalisme serta intoleransi keagamaan dan kebangsaan melalui dakwah”. Ucap Kasat Binmas

“Harap kami semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat melalui para pendakwah agar terhindar dari paham radikal dan intoleransi,” tutup Kasat Binmas.-(*)

Komentar

News Feed